Nice

Cara Mudah Menyimpan Halaman Web Dalam Bentuk PDF

Cara Mudah Menyimpan Halaman Web Dalam Bentuk PDF - Pada posting yang lalu saya sudah memberikan tutorial bagaimana print halaman blog dijadikan file pdf. Tutorial tersebut hanya saya buatkan untuk browser chrome. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas bagaimana menyimpan halaman website dalam bentuk pdf pada mozilla firefox.

Sebagaimana kita ketahui browser yang paling sering digunakan pada perangkat komputer/laptop yaitu Google Chrome dan Mozilla Firefox. Untuk itu tutorial ini melengkapi tulisan sebelumnya yang hanya membahas pada browser chrome saja.
PDF
Google Chrome

Sebagai tambahan untuk memudahkan sobat putrakomputer.com menyimpan halaman web dalam bentuk pdf di chrome saya akan coba masukkan tutorial sebelumnya di sini. Pada aplikasi google chrome sudah tersedia tool/fasilitas untuk menyimpan halaman web langsung diubah menjadi file pdf. Yaitu dengan cara print. Berikut langkah-langkahnya yang juga saya ulas sebelumnya;

1. Buka menu dan pilih Print
2. Lihat kiri atas. Klik change

3. Lalu pilih Save as PDF. Jika ingin mengatur margin atau layoutnya silahkan setting sebelum di save.

 

4. Lalu klik save. Selesai


Mozilla Firefox

Sedikit berbeda dengan chrome, pada firefox tidak terdapat fitur default untuk menyimpan halaman web kedalam bentuk PDF. Namun, kita bisa menggunakan Add ons yang tersedia di sini. Ikuti langkah-langkah berikut;

1. Buka menu firefox sebelah kanan atas.

2. pilih Add-ons,




3. Lalu ketikkan pada kotak pencarian kanan atas dengan keyword "Save as PDF".

4. Maka akan muncul add-ons "Save as PDF 1.5.1".

5. Lalu klik install. Nanti akan ada perintah untuk merestart firofox.


6. Sekarang tools untuk save to pdf pada software firefox sudah terinstal. Cara menggunakannya sangat mudah. Setelah terbuka halaman webnya dan klik saja pada kiri atas icon add-ons "Save as PDF". Maka halaman tersebut akan siap disimpan ke pc sobat dalam bentuk file PDF.


Silahkan gunakan salah satu trik di atas mana yang lebih mudah buat sobat. Jika dibandingkan memang menggunakan browser google chrome memang lebih simple tanpa harus instal Add-ons untuk menyimpan halaman web menjadi file PDF.

No comments:

Silahkan tinggalkan saran dan kritik anda :D
Thanks

Powered by Blogger.