Nice

Apa itu Market Cap?

Hallo kembali lagi di blog saya
Bagaimana kabar kalian hari ini
semoga kabar kalian akan selalu baik" saja yah guys
dan selalu diberi kesehatan kelancaran dan kemudahan di setiap aktivitas yang kalian jalani hari ini



Hasil gambar untuk marketcap


Market cap dari sebuah coin merupakan total nilai dari seluruh coin yang beredar dan merupakan salah satu metric yang digunakan untuk menentukan nilai.
Perhitungan market cap secara umum adalah harga trading terakhir, atau harga trading rata-rata, dikali dengan total suplai coin yang beredar. Misalnya Bitcoin, ketika bitcoin ditrading pada $10.000, dikalikan dengan total suplai yang beredar yaitu 16,4 juta coin, menghasilkan market cap senilai kira-kira $164 Milyar.

atau
Market Cap = Harga Saham x Jumlah Volume Saham yang beredar

Jelas lah ya? Market Cap itu adalah nilai dari suatu perusahaan. Contoh, Harga Saham Kimia Farma (KAEF) adalah Rp480,- per lembarnya. Kemudian, volume saham yang beredar adalah 5.554.000.000. Kalau begitu, Market Cap dari Kimia Farma adalah Rp2.665.920.000.000 atau 2,67 triliun rupiah. Artinya, kalau Anda mau membeli 100% Saham Kimia Farma, saat ini bandrol harganya adalah 2,67 triliun rupiah itu.

Berikut daftar perusahaan terbesar di Dunia berdasarkan Market Cap
Anda dapat melihat di artikel selanjutnya
atau klik Disini

Sekarang, apa guna melihat market cap dalam menentukan investasi?

Gunanya tentu untuk membandingkan. Kalau kita menganalisis suatu sektor, misalnya sektor pertambangan, maka memulai dengan membandingkan market cap tiap-tiap perusahaan adalah sesuatu yang baik. Bagi investor pemula, sangat disarankan untuk membeli saham-saham dengan market cap yang relatif besar. Karena market cap yang terlalu kecil menunjukkan bahwa perusahaan tersebut terlalu kecil perannya di sektor tersebut sehingga memungkinkan dia tergeser oleh perusahaan-perusahaan yang lebih besar. Tetapi sebagai investor pemula juga sebaiknya tidak memilih 5 perusahaan yang barusan disebutkan. Kenapa? Karena kalau harganya sudah sangat tinggi, peluang dia untuk semakin naik lagi juga makin kecil, bukan? 

No comments:

Silahkan tinggalkan saran dan kritik anda :D
Thanks

Powered by Blogger.